Kado Terindah bagi Bangsa Indonesia -->
Cari Berita

Advertisement

Kado Terindah bagi Bangsa Indonesia

SoboLangit.com
Minggu, 12 Agustus 2018

Timnas Indonesia mencatat sejarah dengan menjuarai Piala AFF (ASEAN Football Federation) U-16 untuk kali pertama. Anak asuh Fakhri Husaini memenangkan edisi 2018 usai mengalahkan Thailand 4-3 (1-1) melalui adu penalti di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Pemain pengganti Fajar Fathur membawa Timnas Indonesia memimpin di menit ke-33. Sementara Thailand menyamakan kedudukan lewat Apidet Janngam ('72).
 Pada adu penalti, kiper Ernando Ari kemudian menjadi pahlawan dengan mementahkan eksekusi Apidet Janngam dan Pongsakorn Innet.

Sementara empat algojo Indonesia, yakni Sutan Zico, Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, dan David Maulana mampu menunaikan tugas.

Capaian terbaik Timnas Indonesia pada Piala AFF U-16 sebelumnya adalah mencapai final turnamen 2013. Sementara Thailand masih berstatus pengoleksi gelar terbanyak bersama Vietnam dengan tiga gelar (2007, 2011, 2015).

Seperti dilansir Kompas, Kiper timnas U-16 Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi, mengaku sangat bersyukur bisa membantu Indonesia meraih gelar juara Piala AFF U-16 2018, Sabtu (11/8/2018).

Seusai laga final melawan Thailand, Ernando mengungkapkan kebahagiaannya dengan mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang selama ini mendukung dirinya dan timnas.

"Saya berterima kasih kepada semua suporter dan orang tua saya. Indonesia juara," kata Ernando saat diwawancarai Indosiar seusai laga.

Pada partai final, Ernando menjadi kunci kemenangan Indonesia. Ernando menunjukkan mental bertanding yang bagus saat pertandingan berlanjut ke babak adu penalti. Ernando mampu menepis dua tendangan pemain Thailand sehingga Indonesia bisa menang dengan skor 4-3.

Selama turnamen, Ernando menjadi pilihan utama pelatih Fakhri Husaeni untuk mengawal gawang Indonesia. Dari tujuh laga hingga partai final, posisi Ernando tidak tergantikan. Kepercayaan ini dibayar tuntas oleh penjaga gawang kelahiran Semarang 2 Februari 2002 ini. Dari lima laga di Grup A, Ernando hanya kebobolan tiga gol saat lawan Myanmar (1 gol) dan saat lawan Vietnam (2 gol).

Pada babak semifinal lawan Malaysia, gawang Ernando tidak kebobolan. Indonesia menang 1-0 pada laga tersebut. Kemudian pada laga final, gawang Ernando hanya kebobolan satu gol di waktu normal. Untuk diketahui, Ernando menimba ilmu sepak bolanya di SSB Bina Kalteng.

Kado Terindah bagi Indonesia
 Prestasi timnas U-16 Indonesia tidak luput dari perhatian Presiden Joko Widodo.
Jokowi pun kemudian mengungkapkan rasa bangganya melalui media sosial Instagram.
 "Garuda Muda tak terbendung di lapangan hijau. Malam ini Tim Sepak Bola Nasional Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2018 dengan mengalahkan Thailand dalam laga mendebarkan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo," tulis Presiden Jokowi seperti dilansir bolasport.com.

"Selamat kepada para pemain dan pelatih. Gelar juara ini menjadi kado terindah bagi Indonesia menjelang peringatan Hari Kemerdekaan," tambah Jokowi.
 Kemenangan Skuat Garuda Asia menjadi kado terindah bagi hari peringatan kemerdekaan Indonesia ke-73.
Hari Ulang Tahun kemerdekaan Indonesia ke-73 akan diperingati pada 17 Agustus 2018 mendatang.