Rakyat Irak Tolak Pemerintah Bentukan AS -->
Cari Berita

Advertisement

Rakyat Irak Tolak Pemerintah Bentukan AS

SoboLangit.com
Sabtu, 01 September 2018



Ketua Aliansi Pemilu Al-Fath Irak pada hari Kamis 30 Agustus 2018 dalam pertemuan dengan Brett McGurk, utusan khusus Presiden AS Donald Trump, untuk koalisi internasional yang diklaim anti-Daesh menjelaskan, segala bentuk upaya Washington untuk mencampuri proses pembentukan pemerintah mendatang Irak akan direaksi dengan tegas oleh warga Irak.

Fars News melaporkan, Hadi Al-Amiri menjelaskan, warga Irak akan menilai pemerintah yang dibentuk AS di Irak, sebagai antek-antek dan akan menggulingkannya dalam dua pekan.

Sejak pelaksanaan pemilu parlemen Irak hingga kini, Brett McGurk mengintensifkan lobi dengan para pemimpin politik dan partai Irak untuk mendiskusikan pembentukan pemerintah baru negara ini.
Faksi-faksi politik Irak menyatakan, utusan Trump menggunakan tekanan dan ancaman untuk mengarahkan pembentukan pemerintah baru Irak yang sejalan dengan kepentingan Washington.

Masalah ini menuai kritikan dan reaksi tegas dari berbagai tokoh Irak.
Pada saat yang sama, ribuan warga Irak pada hari Rabu 29 Agustus 2018, menggelar protes masif di Baghdad mengecam intervensi Amerika Serikat dalam pembentukan pemerintah Irak.
Source :parstoday.com