Iklan

SoboLangit.com
Sabtu, 04 Maret 2023, 12.05 WIB
Last Updated 2023-03-04T05:11:20Z
Berita UtamaTraveling

Wisata Religi di Indonesia

Wisata religi merupakan bentuk pariwisata yang masuk ke dalam bagian wisata budaya. Jadi, dalam pariwisata budaya (cultural tourism) mencakup wisata religi dengan tujuan kegiatannya untuk melakukan ziarah atau urusan keagamaan lainnya. Maka dari itu, banyak umat muslim yang sering menyebut wisata religi sebagai ziarah ke tempat-tempat yang bernilai sejarah Islam.


Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata religi terbaik yang ada di Indonesia:

Masjid Baiturrahman, Aceh

Masjid Baiturrahman merupakan salah satu wisata religi yang menjadi peninggalan Kerajaan Aceh dengan simbol agama, budaya, dan perjuangan masyarakat Aceh itu sendiri. Kehadiran masjid ini sangat istimewa, apalagi bangunannya tetap bertahan di tengah terjangan tsunami Aceh tahun 2004 silam. Pasca tsunami, masjid ini kembali direnovasi karena mengalami kerusakan yang tidak terlalu parah di beberapa bagian.

Selain dijadikan tempat ibadah, masjid Baiturrahman sering digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan oleh masyarakat Aceh. Banyak wisatawan yang berkunjung ke masjid ini karena menjadi salah satu ikon yang sangat istimewa di Provinsi Aceh. 

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang

Anda juga bisa mengunjungi wisata religi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di pusat kota Semarang. Masjid ini memiliki desain bangunan dengan perpaduan gaya arsitektur Jawa, Islam, dan Romawi.

Selain itu, masjid ini juga menyuguhkan daya tarik menara Al Husna atau Al Husna tower yang tingginya sekitar 99 meter. Tak hanya itu, keindahan MAJT juga dilengkapi dengan payung hidrolik raksasa yang mirip seperti di Masjid Nabawi, Madinah. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini sering dijadikan objek wisata terpadu, pusat pendidikan, dan pusat syiar agama Islam. 

Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari Tebuireng

Wisata religi yang satu ini terletak di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Museum ini menampilkan berbagai informasi dan koleksi yang menggambarkan perkembangan Islam di wilayah Nusantara. Dengan desain bangunan yang berbentuk seperti piramida, museum tersebut dilengkapi dengan monumen At-tauhid yang dihiasi oleh 99 Asmaul Husna. 

Yang tak kalah istimewa, museum ini juga menyediakan berbagai informasi dan koleksi yang memiliki keterkaitan dengan kiprah para tokoh-tokoh Islam. Wisata religi yang satu ini menghadirkan narasi sejarah tentang eksistensi Islam yang cukup mudah dipahami masyarakat, sehingga bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata bersama keluarga. 

Indonesian Islamic Art Museum

Indonesian Islamic Art Museum merupakan museum yang menyediakan peninggalan atau sejarah perkembangan Islam di seluruh dunia. Museum yang terletak di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini dibuka pada 28 Desember 2016. 

Meski baru dibuka, Indonesian Islamic Art Museum menjadi museum yang cukup vital karena memang selama ini belum ada tempat yang menyajikan perkembangan Islam sejak awal dan museum inilah menjadi yang pertama di Indonesia. Yang menariknya lagi, museum ini sudah berbasis teknologi informasi modern Augmented Reality (AR) sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Konsep Augmented Reality (AR) sendiri merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi yang diproyeksikan ke dalam sebuah lingkungan dan waktu yang nyata. Dengan teknologi tersebut, Anda cukup mengunduh aplikasi AR Indonesian Islamic Art Museum. Selanjutnya, scan berbagai gambar yang ada di museum untuk mendapatkan informasinya